Tips Merawat Burung Pleci Agar Memiliki Suara Yang Lantang

Tips Merawat Burung Pleci Agar Memiliki Suara Yang Lantang – Burung kacamata atau yang biasa kita kenal sebagai burung Pleci ini adalah sebuah burung yang berukuran kecil yang hampir sama dengan burung prenjak. burung ini memiliki ukuran sekitar 12 cm dengan corak warna kepala hijau zaitun dan bulu di sekitar mata yang menyerupai kacamata.

Tips Merawat Burung Pleci Agar Memiliki Suara Yang Lantang


Nah pada pertemuan ini Kicauindah akan membagikan sebuah tips tips mengenai burung Pleci yang sedang ada pelihara agar memiliki suara yang lantang dan indah buat di dengar. Tapi sebelumnya kami akan mengajak ada semua untuk mengenal lebih jauh mengenai burung pleci atau burung kacamata ini.

Habitat Burung Pleci

Habitat asli daru burung kacamata atau pleci ini adalah hutan primer yang memiliki ketinggian maksimal yaitu bekisar 700 sampai 1000 dlp. bila anda sedang berkunjung di pegunungan pegunungan biasanya anda akan sering berjumpa dengan burung kecil yang memiliki suara merdu ini.

Ciri Ciri Burung Pleci

Burung Pleci berukuran kecil sekitar 12 cm. Tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun dengan tunggir warna kuning-hijau mencolok. Ekor berwarna hijau-hitam gelap. Dahi berwarna hitam. Lingkaran mata berwarna putih dam agak lebarlebar. Pipi, tenggorokan dan penutup ekor bawah berwarna kuning cerah. bagian bawah lainnya dari burung pleci berwarna putih-mutiara dengan sisi tubuh abu-abu. Paruh dan kaki jingga pucat.
Bagi anda yang sedang memelihara burung Pleci dan belum mau berbunyi atau masih malu malu untuk mengeluarkan suaranya yang indah, silahkan untuk menyimak tips tips di bawah ini :

Tips Merawat Burung Pleci Agar Memiliki Suara Yang Lantang

Memilih Burung Pleci Yang Jantan

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara membedakan Pleci jantan dan betina silahkan simak berikut ini agar sedikt paham tentang mana yang jantan dan mana yang betina :

  • Pleci  Jantan memiliki tubuh yang lebih panjang di bandingkan dengan betinanya.
  • Pleci jantan memiliki ekor yang lebih panjang dengan pleci betina. Juga menyerupai betuk huruf “V” pada pleci jantan dan bentuk ekor betina adalah sama rata (tidak berbentuk).
  • Dubur lebih panjang dan banyak ditumbuhi bulu pada pleci jantan. Sebaliknya untuk pleci betina. Dubur cenderung pendek dan bulu yang tumbuh lebih sedikit.
  • Paruh lebih pendek untuk yang jantan. Betinanya memiliki paruh yang lebih panjang.
  • Pada pleci jantan, memiliki lingkaran putih yang mengelingkari mata dan terdapat buju putih bulat putus. Sedangkan untuk betina tidak ada lingkaran putih putus (lingkaran penuh).

Memilih Pakan Yang Berkualitas

  • Untuk pakan jenis voer tentu saja tidak bisa diberi dengan cara sembarangan. Pakan kusus, saya menggunakan voer 220volt (kusus burung pleci).
  • Buah-buahan seperti pisang, pepaya, apel merah, tomat dan sebagainya (secara berseling).
  • Kroto atau ulat (diberikan 2 kali dalam 1 minggu).

Menjemur Dan Memandikan

Proses penjemuran pertam dimulai dari terbitnya matahari dipagi hari. Bukanlah di jemur pada sinar matahari pada siang hari. Karena sinar matahari pagi lebih baik daripada siang hari. Cukup 10 menit burung pleci bakalan Anda dijemur. Setelah penjemuran pertama, mandikan burung Anda dengan cara di semprot halus. Bersihkan kotoran burung yang ada di kandang sembari burung Anda dijemur setelah dimandikan. Proses penjemuran ini sebaiknya cukup 2 jam saja. Jangan terlalu lama burung pleci Anda dijemur.

Mempertemukan Burung Pleci

Biasa orang sebut dengan cara di gantang. Yaitu mempertemu-kan burung pleci bakalan Anda dengan pleci yang lain nya. Cara digantang ini adalah untuk mengetahui seberapa besar nyali burung pleci bakalan Anda. Apakah burung Anda sudah berbunyi didepan para burung pleci lainnya???? ataukah belum??? Untuk gantangan ini cukup dilakukan 2-3 kali dalam 1 minggu. jangan terlalu sering burung Anda saling dipertemukan. Intinya adalah jangan terlalu sering burung pleci peliharran Anda saling dipertemukan. Misal sedang tidak dalam gantangan, selalu pisahkan burung anda. Jangan sampai mereka melihat satu sama lain.
 
Catatan : Tips Tips yang kami sajikan diatas harus dilakukan minimal 2 – 3 kali dalam 1 minggunya. jadi bagi anda yang melakukannya hanya 1 kali dalam 1 bulan tips diatas tidak berefek sama sekali kepada burung pleci anda.