Cara Jitu Membedakan Kacer Trotol Jantan Dan Betina

Kicauindah.com | Cara Membedakan Kacer Trotol Jantan Dan Betina – Para kicau mania yang sudah lama mungkin sudah sangat pakar dan jitu dalam membedakan mana burung kacer trotol jantan dan mana burung kacer trotol yang betina, tapi bagaimana dengan para kicau mania yang baru ??? Tentu akan sedikit kesulitan dalam hal seperti ini, Nah maka dari itu disini kami akan sedikit membantu anda dalam membedakan ciri – ciri burung kacer trotol jantan dan betina, Tapi sebelumnya ada beberapa hal terlebih dahulu yang harus anda ketahui, hal hal tersebut seperti jenis burung kacer, suara dan bahkan warna bulu.

Cara Membedakan Kacer Trotol Jantan Dan Betina

Di indonesia sangat banyak sekali jenis burung kacer mulai dari kacer dada hitam, kacer poci (kacer dada putih) burung kacer anis dan masih banyak lagi jenis kecer lainnya. Dalam membedakan antara kacer trotolan jantan dan betina tidaklah mudah antara 2 kacer trotolan ini memiliki penampilan dan karakteristik yang sangat mirip. Sehingga kalau kita tidak teliti dalam membedakan hal kecil ini bisa jadi kita salah pilih. Apalagi kacer trotolan tersebut kita dapat dari membelinya pasti akan sangat kecewa sekali jika salah memilih.

Cara Membedakan Kacer Trotol Jantan Dan Betina

Pasti kicaumania memiliki alasan tersendiri dalam memilih kacer trotolan, Alasan tersebut di antaranya yaitu kacer trotolan lebih mudah dimaster dan lebih cepat bunyi, dan tentu harganya juga lebih terjangkau. Kebanyakan kicaumania baru bisa membedakan kacer jantan atau betina setelah mabung pertama, karena sudah berganti bulu dewasa. Namun kami akan berbagi pengalaman dan tips untuk membedakan jantan dan betina kacer trotolan untuk anda agar tidak salah pilih saat membedakannya.

Ciri Kacer Trotolan Jantan Dan Betina

Dalam ciri trotolan jantan dan betina yang akan kami bagikan ini ada 5 perbedaan mulain dari warna bulu, ciri fisik, bentuk kepala, lidah dan juga bentuk paruh, Nah untuk lebih jelasnya lagi mengenai 5 perbandingan tersebut silahkan simak berikut ini :

Ciri Dari Warna Bulu

Jantan : Untuk kacer trotolan jantan lebih identik dengan warna bulunya yang gilap/mengkilat, memiliki penataan yang lebih rapi dan tampak lebih bersih. Betina : Sedangkan untuk yang betina cenderung lebih memiliki warna bulu yang kusam dan warna bulu pada punggung dan sayapnya memiliki warna hitam yang bercampur dengan abu abu coklat (Hitam Terang)

Ciri Dari Bentuk Kepala

Jantan : Jika dilihat dari bentuk kepalanya, Burung kacer trotolan jantan lebih identik dengan bentuk kepala yang datar pada bagian atasnya, sehingga jika kita lihat sekilas seakan akan memiliki berbetuk kepala persegi. Betina : Sedangkan yang betina jika kita amati bentuk kepalanya terlihat bulat.

Dilihat Dari Paruhnya

Jantan : Jika kita perhatikan pada bagikan paruhnya kacer trotolan jantan lebih memiliki warna hitam pekat, memiliki pendek dan paruh nampak lebar di bagian pangkalnya kemudian lancip pada ujungnya. Betina : Nah sedangkan kacer trotolan betina memiliki warna paruh abu – abu dan bentuk pangkal paruh tidak terlalu lebar namut cukup terlihat profesional

Dilihat Dari Segi Fisik

Jantan : Jika dilihat dari segi fisik atau tubuh kacer trotolan jantan terlihat lebih kurus namun dominan lebih panjang. Betina : Untuk yang betina lebih terlihat bulat atau gemuk dan badan lebih berisi.

Jika anda memperhatiakn dengan detail bagian bagian apa saja yang sudah kami sebutkan di atas, mudah mudahan anda tidak akan salah pilih atau salah mebedakan. Oke sampai disini dulu saja pertemuan kita yang membahas tentang tips membedakan kacer trotolan jantan dan betina ini, semoga bisa membatu anda semua yang baru mengenal dunia perkicauan. SALAM KICAUINDAH.