Cara Menjodohkan Burung Merpati Dengan Mudah

Kicauindah.comCara Menjodohkan Burung Merpati (Dara) – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa burung merpati merupakan burung yang sangat cerdas dan mampu menghafal lingkungan hanya dengan beberapa hari saja. Di Indonesia sendiri tidak sedikit orang yang memelihara burung ini. karena selain perawatannya yang mudah, burung merpati juga masih sering di jadikan untuk lomba mulai dari lomba kalangan sampai balap. Tapi sebelum anda melaju ke lomba merati, ada hal penting yang harus anda ketahui salah satunya trik Cara Menjodohkan Burung Merpati ini, Karena jika burung merpati anda belum jodoh atau Giring Keras, Keket dan Keplek pasti tidak akan bisa memenangkan lomba. Nah maka dari itu disini kami akan sedikit membagikan tirik tentang burung merpati yang siapa tau bisa bermanfaat buat anda semua.

Cara Menjodohkan Burung Merpati

Cara Menjodohkan Burung Merpati

Cara ini juga bisa anda gunakan untuk burung merpati yang awalnya jodoh tapi sekarang sudah tidak begitu keket, Karena biasanya burung yang rasa cintanya pudar itu karena perawatan yang kurang dan faktor lingkungan, apa lagi di seklilingnya banyak burung merpati betina lain yang sudah siap kawin (dewasa). Oke sebelum memulai langkah langkahnya ada beberapa hal yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut :

  • Memahami warna betina yang di sukai jantan
  • Memilih betina yang lenjeh
  • Pastikan nafsu makan merpati bagus
  • Usahakan memilih merpati yang dewasa
  • Cuaca yang mendukung

Tahap Penjodohan Merpati

Jika semua hal yang sudah di sebutkan di atas sudah terpenuhi semua, Selanjutnya menuju ke langkah langkah penjodohan berikut ini :

#1. Pada hari pertama pas pagi hari mandikan merpai jantan dan betina yang akan di jodohkan, Setelah itu jemur jantan dan betina pada tempat yang berbeda, tapi masih bersebalahan dan masih bisa melihat satu sama lain. Waktu penjemuran bisa anda lakukan 3-4 jam tergantung cuaca. Setelah dirasa penjemuran cukup dan kedua burung tersebut sudah kering, taruh burung di tempat yang teduh sambil diberikan makan jagung sedikit dan minum.

#2. Setelah sore hari sekitar pukul 5 sore silahkan beri kedua burung tersebut makan dan minum sampai kenyang, Ketika malam harinya, silahkan masukkan kedua merpati ke dalam 1 kandang dan diberikan lampu penerangan 5 watt agar dapat saling melihat dan berkenalan.

#3. Pada esok harinya (pagi) ulangi langkah langkah yang sama seperti yang di atas (#1-#2). Sedangkan pada malam harinya kedua burung merpati tersebut dimasukkan ke dalam kardus agar bisa bercumbu melakukan perkawinan (Jangan lupa untuk melubangi kardus agar tetap bisa mendapatkan udara)

#4. Pagi harinya tidak usah mengulangi langkah nomor 1 dan 2 karena kedua burung merpati tersebut masih kita sekap di dalam kardus sampai siang hari. Setelah siang hari keluarkan kedua merpati tersebut lalu taruh di dalam 1 kandang dan diberi makan jagung dan minum sampai ia merasa kenyang.

#5. Setalah di beri makan dan minum sampai kenyang tunggu 10-15 menit, lalu masukan (sekap) lagi kedua merpati di dalam kardus. Ulangi langkah sekap di kardus agar bisa bercumbu melakukan perkawinan berulang-ulang dan memberi makan dan minum pada siang hari seperti di atas selama 3 hari.

#6. Setelah 3 hari, pada siang harinya silahkan anda coba tes apakah jantan sudah mulai giring keras apa belum. caranya dengan menaruh burung merpati jantan ke dalam kandang dan burung merpati betina kita pegang untuk dibekurkan ke burung merpati jantan lain. Jika burung merpai jantan merasa gelisah dan ingin keluar dari kandang saat melihat betinanya di bekuri jantan lain berarti sudah bisa di pastikan merpati sudah giring keras. Nah selanjutnya coba anda lepas jantan dari kandang dan lihatlah reaksinya, Jika terlihat seperti kebingungan coba panas panasi lagi dengan mendekatkan betina dengan jantan lain.

Baca Juga: Mengatasi Kacer Over Birahi

Oke mungkin hanya ini saya yang dapat kami bagikan hari ini semoga cara dan trik di atas bisa membantu anda dalam menjodohkan burung merpai andalan. Untuk tips – tips merpati lainnya akan kami bagikan lagi di kesempatan yang akan datang. Salam Kicauindah 🙂