Cara Mengatasi Burung Murai Batu Stres

Cara Mengatasi Burung Murai Batu Streskicauindah.com bagi pemula atau baru saja memelihara burung kicau seperti murai batu, pasti akan merasa kesulitan apabila burung kesayangannya mengalami stres. bukan hanya burungnya saja, bahkan pemiliknya juga ikut stres memikirkan bagaimana cara mengatasi dan mengobatinya? burung murai batu yang stres dapat mengganggu sistem saraf dan seluruh jaringan dalam tubuhnya, sehingga akan berdampak negatif pada sistem reproduksi burung tersebut, terutama pada bagian telur. selain itu juga dapat meningkatkan kepekaan pada bagian tubuhnya, sehingga akan mengundang bibit-bibit penyakit patogen.

Cara Mengatasi Burung Murai Batu Stres

Salah satu ciri ciri murai batu stres yaitu nafsu makannya berkurang, maka lama kelamaan badannya menjadi kurus dan yang lebih parah lagi burung bisa mati. jadi kalau murai kesayanganmu mengalami stres, segeralah di obati agar tidak terserang jenis penyakit yang berbahaya. nah, burung yang stres pasti juga ada penyebab atau kesalahan dalam perawatan murai batu misalnya penempatan sangkar yang kurang nyaman, suhu yang tidak stabil atau naik turun secara drastis, gangguan dari binatang lain, dan lingkungan sekitarnya sangat berisik seperti suara kendaraan bermotor.

Jika burung murai batu sudah stres berat, maka akan sangat sulit untuk menyembuhkannya. jadi rawatlah burung kesayanganmu dengan baik dan pelajari cara mencegah burung agar tidak stres berikut ini.

Cara Mencegah Murai Batu Agar Tidak Stres

1# Sangkar atau kurungan harus di gantung pada tempat yang nyaman atau burung tidak merasa terganggu

2# Berilah makanan dan minuman burung yang cukup atau sesuai takaran. selain itu pakan dan minumannya harus di ganti setiap hari agar mencegah pertumbuhan bakteri pada makanan.

3# Jika lingkungan sekitar rumahmu di lewati banyak orang, sebaiknya kerodonglah sangkar agar burung tidak kaget ketika melihat manusia. hal ini yang paling efektif untuk mencegah burung agar tidak stres.

Cara Mengobati Burung Murai Batu Stres

1# Jangan memandikan burung yang stres, jika stresnya sudah mulai berkurang bisa memandikan burung kembali.

2# Jika murai batu stres sedang menderita penyakit pilek dan selalu mengeluarkan lendir, sesak nafas, dan sayapnya kelihatan lemas. maka untuk mengatasi burung tersebut yaitu dengan cara memberikan vitamin dan obat sesuai penyakit yang di deritanya.

Itulah beberapa tips cara mengatasi burung stres yang dapat kami sampaikan hari ini, semoga bermanfaat bagi kicau mania yang telah membaca artikel di atas, dan jangan lupa untuk mengunjungi website kami di lain waktu agar selalu mendapat informasi terbaru seputar burung kicau.