Cara Merawat Burung Cendet Agar Cepat Bunyi

Cara Merawat Burung Cendet – Akhirnya kita di pertemukan kembali pada sebuah website kicauindah.com baik pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sebuah tips merawat burung cendet dengan baik dan benar. burung cendet adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara yang keras, lantang, merdu, dan juga indah, sehingga peminat burung ini semakin banyak di indonesia. namun masih ada kicau mania yang belum tahu cara merawat burung cendet agar cepat gacor, sebenarnya merawat burung cendet sama seperti jenis burung kicau lainnya yaitu membersihkan sangkar, pemberian pakan yang berkualitas, dan melakukan proses pemasteran.

Tapi perawatan semua itu masih belum cukup untuk menjadikan burung cendet agar cepat gacor, jadi sebaiknya kalian mengenal lebih dekat lagi tentang burung cendet. karena begitu luas negara kita yaitu mulai dari sabang sampai merauke, jadi nama burung cendet juga bermacam-macam di setiap daerahnya, contohnya di jawa timur burung ini lebih terkenal dengan nama pentet, sedangkan di jawa tengah menjadi burung bentet atau toet. selain memiliki suara yang indah dan merdu, ternyata burung cendet bisa merekan suara yang ada di sekitarnya, jadi akan mempermudah kita saat proses pemasteran berlangsung.

Cara Merawat Burung Cendet Agar Cepat Bunyi

Cara Agar Burung Cendet Cepat Gacor

Memilih Jenis Kelamin

Hampir semua jenis burung yang dapat berkicau gacor itu berkelamin jantan, jadi sebaiknya sebelum membeli bakalan burung cendet harus melihat jenis kelaminnya terlebih dahulu, dan pilihlah cendet yang jantan.

Pemberian Pakan

Dalam tahap ini kalian harus mengganti makanan burung cendet yaitu voer setiap dua hari sekali, dan pemberian pakan kalau bisa bervariatif karena burung cendet juga membutuhkan karbohidrat, mineral, vitamin, dan protein.

Pemberian EF (Extra Fooding)

Nah selain memberikan pakan voer, kalian juga harus memberinya makanan tambahan atau EF agar menambah nutrisi dalam tubuh burung. makanan tambahan tersebut antara lain jangkrik, kroto, orong-orong, cacing, ulat hongkong, ulat kandang, ulat bambu, dan belalang. pemberian pakan jangkrik cukup 4 ekor di pagi hari dan 2 ekor di sore hari, kroto di berikan cukup dua kali dalam seminggu dengan takaran satu sendok makan.

Membersihan Sangkar

Kebersihan sangkar atau kurungan juga sangat penting dalam perawatan burung, jadi sebaiknya bersihkan sangkar setiap hari, mulai dari kotoran, wadah makan dan minum, serta mengganti minumannya agar terhindar dari serangan penyakit. kami sarankan berilah minuman air yang sudah matang atau air mineral.

Pemandian dan Penjemuran

Cara memandikan burung cendet sama dengan jenis burung kicau lainnya yaitu bisa di semprot atau dengan keramba. namun sebelum di mandikan sebaiknya di angin-anginkan terlebih dahulu selama 30 menit, dan setelah di mandikan jemurlah pada pukul 08.00 – 10.00 pagi. kemudian angin-anginkan lagi 10 menit dan di kerodong kembali.

Pemasteran

Salah satu yang membuat burung cendet bisa cepat gacor adalah pemasteran. proses ini bisa di lakukan pada siang hari pukul 10.00 – 15.00 sore dan malam sampai pagi hari, sebaiknya selama proses pemasteran berlangsung burung dalam keadaan di kerodong. nah untuk suara kalian bisa mengunakan suara masteran burung cendet atau suara burung kicau lain yang lebih bervariasi.

Kenyamanan Burung

Sebaiknya burung di gantung pada tempat yang nyaman dengan suasana yang tenang dan jangan lupa untuk menjauhkannya dari hewan pemangsa seperti kucing, tikus, ular, dan jenis binatang lainnya. jika burung tidak merasa nyaman dan terganggu akan berpengaruh terhadap suaranya yaitu macet bunyi, tapi kalian tidak perlu khawatir karena pada artikel sebelumnya kami sudah berbagi tentang cara mengatasi burung cendet macet bunyi.

Itulah beberapa tips merawat burung cendet yang dapat kami bagikan hari ini, semoga bermanfaat bagi kicau yang membaca artikel di atas, dan jangan lupa untuk mengunjungi website kami di lain waktu agar selalu mendapat informasi terbaru seputar burung kicau.